Laman

Thursday, June 20, 2013

Adopsi Kerja Otak, Pengenalan Suara Microsoft Lebih Akurat

Berita dan Informasi Teknologi Terbaru berbagi informasi tentang "Adopsi Kerja Otak, Pengenalan Suara Microsoft Lebih Akurat". Informasi tersebut dikumpulkan dari sumber yang disebutkan di bawah artikel. Info tentang "Adopsi Kerja Otak, Pengenalan Suara Microsoft Lebih Akurat" layak Anda baca baik sebagai infomasi maupun penambah pengetahuan Anda.

Adopsi Kerja Otak, Pengenalan Suara Microsoft Lebih Akurat

VIVAnews - Microsoft mengumumkan peningkatan teknologi pengenalan berbasis suara besutannya. Teknologi pengenalan itu disebutkan lebih cepat dan akurat, karena melibatkan konsep kinerja otak manusia.

Laman Business Insider, Selasa 18 Juni 2013, menggambarkan untuk peningkatan ini, Microsoft membangun teknologi yang disebut jaringan saraf dalam (deep neutral networks/DNN).

Dan terungkap, selama beberapa pekan terakhir, perusahaan besutan Bill Gates itu diam-diam sudah mencoba teknologi itu pada pengguna Windows Phone di AS.

Cara kerja DNN dalam memproses pembicaraan sama halnya dengan apa yang dilakukan otak manusia. 

"Kami sedang berusaha keras meniru bagaimana otak mendengarkan dan menafsirkan pembicaraan," kata Stefan Weitz, Direktur Microsoft Bing dalam video presentasinya.

Teknologi baru itu diklaim akan memudahkan orang menggunakan suara untuk membuat pesan teks maupun pencarian berbasis suara. Inovasi itu hampir mirip dengan layanan berbasis Apple, Siri, yang ada di iPhone.

Weitz menambahkan, inovasi pengenalan versi baru itu 15 persen lebih akurat dibandingkan pengenalan suara windows Phone versi sebelumnya. Bukan itu saja, versi terbaru ini dapat menghasilkan teks dan lebih cepat pencariannya. Cara ini disebutkan, membuat layanan pencarian Microsoft, Bing, bisa lebih cepat dua kali dibanding versi sebelumnya.

Dalam video demo, Weitz membuktikan ponsel Windows Phone dengan pengenalan suara versi lama memproses suara dengan 1,59 detik. Pada percobaan lain didapatkan hasil 1,16 detik. Sedangkan versi baru hanya 0,53 detik, dan percobaan kedua mendapatkan hasil 0,86 detik. 

"Anda kembali mendapatkan hasil yang lebih baik dari pengenalan pembicaraan, dan Anda mendapatkannya lebih cepat," ujar Michael Tjalve, Senior program manager Speech Technology Group Microsoft dalam video yang sama. (umi)

Semoga informasi tentang "Adopsi Kerja Otak, Pengenalan Suara Microsoft Lebih Akurat" di atas bermanfaat bagi Anda.

No comments:

Post a Comment