Laman

Saturday, June 22, 2013

Ditemukan 'Kota Maya Hilang' di Meksiko

Berita dan Informasi Teknologi Terbaru berbagi informasi tentang "Ditemukan 'Kota Maya Hilang' di Meksiko". Informasi tersebut dikumpulkan dari sumber yang disebutkan di bawah artikel. Info tentang "Ditemukan 'Kota Maya Hilang' di Meksiko" layak Anda baca baik sebagai infomasi maupun penambah pengetahuan Anda.

Ditemukan 'Kota Maya Hilang' di Meksiko

Headline
reuters.com
Oleh: ahmad taufiqqurakhman

INILAH.COM, Mexico City - Para arkeolog menemukan kota Maya yang hilang di tengah hutan negara Meksiko.

Seperti dikutip dari Reuters, kota hilang itu tersembunyi selama berabad-abad di rerimbunan hutan belantara di Timur Meksiko.

Penemuan ini diharapkan dapat memperlihatkan petunjuk bagaimana peradaban Maya bisa menghilang mendadak sekitar 1.000 tahun lalu.

Tim ilmuwan yang dipimpin Ivan Sprajc dari Slovenian Academy of Sciences and Arts itu menemukan 15 piramid, termasuk yang memiliki tinggi 23 meter.

Kota hilang tersebut dinamakan Chactun yang berarti 'Batu Merah' atau 'Batu Besar'.

Sprajc mengatakan bahwa Chactun memiliki populasi lebih sedikit ketimbang kota Maya kuno lainnya yang bernama Tikal di Guatemala. Jumlah penduduk di Chactun diperkirakan hanya berkisar 30 ribu sampai 40 ribu jiwa saja.

"Kota Chactun diperkirakan berasal dari periode akhir Klasik dari peradaban Maya, antara tahun 600 hingga 900 Masehi," jelas Sprajc. [ikh]

Semoga informasi tentang "Ditemukan 'Kota Maya Hilang' di Meksiko" di atas bermanfaat bagi Anda.

No comments:

Post a Comment