Laman

Thursday, June 20, 2013

Kurangi Kabut Asap Riau, BPPT Siapkan Hujan Buatan

Berita dan Informasi Teknologi Terbaru berbagi informasi tentang "Kurangi Kabut Asap Riau, BPPT Siapkan Hujan Buatan". Informasi tersebut dikumpulkan dari sumber yang disebutkan di bawah artikel. Info tentang "Kurangi Kabut Asap Riau, BPPT Siapkan Hujan Buatan" layak Anda baca baik sebagai infomasi maupun penambah pengetahuan Anda.

Kurangi Kabut Asap Riau, BPPT Siapkan Hujan Buatan

VIVAnews - Menyusul kabut asap dari kebakaran di lahan dan hutan Riau yang mengganggu Singapura, pemerintah Indonesia berencana membuat hujan buatan. Rencana ini diungkapkan Kepala Bidang Pengkajian dan Penerapan Teknologi Pembuatan Hujan BPPT, Tri Handoko Seto, Kamis 20 Juni 2013.

"Pagi tadi telah dirapatkan di Kemenkokesra. Kami tinggal tunggu surat permintaan hujan buatan dari BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana)," ujar  Tri Handoko saat berbincang dengan VIVAnews. "Begitu diterima, kami langsung jalankan," imbuh Tri.

Menurut catatan BPPT, titik kebakaran di sejumlah lahan dan hutan tidak sampai 200 titik. Dia juga menuturkan, penyebab kabut asap sampai ke Singapura disebabkan karena angin mengarah ke sekitar utara wilayah Riau, ditambah lagi kondisi lokasi kebakaran merupakan pusat tekanan rendah.

"Sehingga, massa udara di Riau tertarik ke arah Singapura. Dan sebenarnya juga mengarah ke Filipina," katanya.

Kondisi kabut asap wilayah Riau, menurutnya lebih pekat dibandingkan kabut asap yang ada di Singapura saat ini.

Soal pelaksanaan hujan buatan yang akan memakan waktu beberapa hari, Tri Handoko mengatakan, BPPT membutuhkan dana yang tidak sedikit.

"Kalau hujan buatan biasanya minimal dilaksanakan 20 hari dengan anggaran sekitar Rp2,5 miliar. Sebulan diestimasi kurang lebih Rp30 miliar. Ya, nanti dilihat perkembangannya," katanya.

Khusus untuk hujan buatan di Provinsi Riau itu, ia tidak bisa memperkirakan detail waktu serta biaya yang dibutuhkan. Tri hanya memberikan gambaran untuk satu hari hujan buatan butuh biaya Rp150 juta.

Untuk hujan buatan sepanjang tahun ini, kewenangan anggaran ada di BNPB. Ia menyebutkan anggaran untuk tahun ini Rp25 miliar. Dana itu di antaranya disiapkan untuk mengantisipasi anomali cuaca pada Juli-Agustus mendatang. (umi)

Semoga informasi tentang "Kurangi Kabut Asap Riau, BPPT Siapkan Hujan Buatan" di atas bermanfaat bagi Anda.

No comments:

Post a Comment