Laman

Wednesday, June 5, 2013

Mactans, Pembunuh Perangkat Apple dalam 1 Menit

Berita dan Informasi Teknologi Terbaru berbagi informasi tentang "Mactans, Pembunuh Perangkat Apple dalam 1 Menit". Informasi tersebut dikumpulkan dari sumber yang disebutkan di bawah artikel. Info tentang "Mactans, Pembunuh Perangkat Apple dalam 1 Menit" layak Anda baca baik sebagai infomasi maupun penambah pengetahuan Anda.

Mactans, Pembunuh Perangkat Apple dalam 1 Menit

VIVAnews - Bagi Anda pengguna perangkat iOS perlu hati-hati. Tim peneliti dari Georgia Institute of Technology telah mengumpulkan prototipe pengisi daya atau charger yang mampu menginstal malware (peranti lunak berbahaya) ke iPhone.

Dilansir Forbes, 5 Juni 2013, penelitian itu lahir dari gagasan menciptakan perangkat biasa yang dapat meretas ponsel. Meski penelitian belum dipaparkan secara rinci, temuan itu sangat mengkhawatirkan.

"Kendati mekanisme pertahanan di iOS berlapis, kami berhasil menyembunyikan peranti lunak secara acak dalam perangkat Apple yang menjalankan sistem operasi terbaru," ujar peneliti itu.

Pengisi daya "pembunuh" perangkat iOS itu disebut Mactans. Nama itu merupakan nama lain dari laba-laba Black Widow.

Untuk menjalankan aksinya, Mactans menggunakan komputer kecil di perangkat. Pengisi daya itu dibangun dari papan tunggal komputer atau dikenal BeagleBoard, yang dijual Texas Instruments. Perangkat itu dibanderol US$45, setara Rp441 ribu.

Ukuran Mactans 3 inci persegi, lebih besar dari rata-rata ukuran pengisi daya.

Peneliti juga menambahkan, pengisi daya itu bisa membunuh perangkat iOS dalam waktu singkat, satu menit. Infeksi malware yang dihasilkan sangat susah terlihat.

Pada Febuari lalu, jailberak evasi0n dirilis oleh kelompok peretas iOS. Kelompok ini melihat celah pada kecacatan sistem backup mobile iOS.

Bukan itu saja, peretas juga memanfaatkan empat celah lainnya, termasuk membongkar langkah-langkah keamanan perangkat.

Sebelum Apple memperbaharui perangkat lunak mereka pada Maret lalu, tercatat pengguna iOS yang men-jailbreak tercatat lebih dari 18 juta kali.

Sumber: teknologi.vivanews.com/news/read/418563-mactans--pembunuh-perangkat-apple-dalam-1-menit

Semoga informasi tentang "Mactans, Pembunuh Perangkat Apple dalam 1 Menit" di atas bermanfaat bagi Anda.

No comments:

Post a Comment