Laman

Wednesday, June 26, 2013

Mencari Sistem Password yang Aman

Berita dan Informasi Teknologi Terbaru berbagi informasi tentang "Mencari Sistem Password yang Aman". Informasi tersebut dikumpulkan dari sumber yang disebutkan di bawah artikel. Info tentang "Mencari Sistem Password yang Aman" layak Anda baca baik sebagai infomasi maupun penambah pengetahuan Anda.

Mencari Sistem Password yang Aman

Headline
businessinsider.com
Oleh: ahmad taufiqqurakhman

INILAH.COM, Las Vegas - Sudah bukan rahasia jika password selalu bisa dibobol peretas dengan beragam cara, termasuk memanfaatkan kelengahan pengguna yang terlalu jenuh menghafal password di tiap layanan berbeda.

Layanan berbasis internet dengan informasi sensitif kerap dilindungi dengan password yang hanya diketahui oleh penggunanya, meski pada kenyataannya tak ada yang benar-benar aman.

Cukup ironis, saat teknologi semakin maju tapi penggunaan sistem password dengan kombinasi numeric dan kata masih digunakan. Padahal itu termasuk teknologi yang sudah sangat lama.

"Jawabannya sangat mudah, karena itu murah," kata Per Thorsheim, ahli security online dari Norwegia, dalam pertemuan PasswordCon di Las Vegas, AS, seperti dikutip dari BusinessInsider.

Menurut Thorsheim, mencari sistem password yang aman, kuat dan murah memang bukan tugas mudah. Tapi setidaknya terus dilakukan agar lepas dari ketergantungan sistem password konvensional.

"Jika Anda ingin sesuatu yang lain, dengan melibatkan beberapa jenis otentikasi dua faktor seperti token berbasis software atau hardware, atau otentikasi biometrik, maka Anda harus mengeluarkan biaya ekstra," tambahnya.

Google, misalnya, raksasa teknologi ini mencoba menawarkan gagasan pengguna dengan personalisasi cincin di jari atau memasukkan kode kartu ID unik yang disebut Yubikeys ke port USB komputer mereka.

Begitu juga dengan FIDO Alliance, konsorsium yang mencakup PayPal. Mereka menawarkan sistem dengan meminta pengguna smartphone mengidentifikasi diri mereka dengan menempatkan jari mereka pada layar sentuh mereka.

"Teknologi biometrik ini sudah dibuat sedemikian matang dengan biaya efektif dan siap digelar ke konsumen," kata Wakil Presiden FIDO Ramesh Kesanupalli kepada AFP.

Sementara di Washington, US Patent dan Trademark Office baru-baru ini menerbitkan beberapa aplikasi paten dari Apple yang memberikan identifikasi pengenalan wajah dan scan sidik jari sebagai password.

Hal lebih ekstrim lagi dilakukan oleh Motorola. Regina Dugan, kepala penelitian perusahaan milik Google ini mengusulkan apa yang disebut 'pil password', yangpassword tersimpan dalam lambung dan memancarkan sinyal radio khusus yang unik. [ikh]

Semoga informasi tentang "Mencari Sistem Password yang Aman" di atas bermanfaat bagi Anda.

No comments:

Post a Comment