Laman

Friday, June 7, 2013

Pesawat yang Punya WiFi Berteknologi Khusus & Baru

Berita dan Informasi Teknologi Terbaru berbagi informasi tentang "Pesawat yang Punya WiFi Berteknologi Khusus & Baru". Informasi tersebut dikumpulkan dari sumber yang disebutkan di bawah artikel. Info tentang "Pesawat yang Punya WiFi Berteknologi Khusus & Baru" layak Anda baca baik sebagai infomasi maupun penambah pengetahuan Anda.

Pesawat yang Punya WiFi Berteknologi Khusus & Baru

http://us.images.detik.com/content/2013/06/07/398/103626_wifiplane.jpg
Jakarta - Sinyal telepon selular yang menyala saat penerbangan bisa mengganggu komunikasi antara pilot dan Air Traffic Control (ATC) yang masih memakai gelombang radio. Namun, kini ada pesawat yang memiliki WiFi dan bisa internetan di dalam pesawat. Tak berbahaya?

"Ada WiFi on board, ada yang bisa menggunakan telepon dalam pesawat, itu tidak sembarang pesawat. Pesawat itu sudah dilapisi penangkal sinyal supaya terisolir sehingga sinyal yang ada di dalam tak mengganggu kabel-kabel itu. Ada insulatornya sehingga sinyal di dalam tak mengganggu kabel-kabel komunikasi dan navigasi," demikian jelas pengamat penerbangan Alvin Lie.

Alvin menanggapi perbincangan detikINET yang menanyakan mengenai WiFi dan berinternet dalam pesawat yang ada pada pesawat-pesawat baru, Jumat (7/6/2013).

"Itu ada teknologinya tersendiri, memang dirancang untuk penggunaan WiFi di dalam. Lagi pula sinyal WiFi stabil kan, bukan pakai sinyal seluler lho. Dan yang lebih penting dilengkapi perangkat khusus, itu baru ada beberapa tahun belakangan ini," jelas mantan Ketua Kaukus Penerbangan DPR ini.

Pun, penumpang yang menyalakan ponsel di dalam pesawat setelah pesawat tinggal landas itu tidak bakal mendapatkan sinyal. "Nah, ponsel ini terus mengeluarkan sinyal mencari sinyal dari operator, mencari sinyal itu yang sangat mengganggu (gelombang radio komunikasi dan navigasi pilot-ATC)," imbuh Alvin.


(nwk/eno)

Semoga informasi tentang "Pesawat yang Punya WiFi Berteknologi Khusus & Baru" di atas bermanfaat bagi Anda.

No comments:

Post a Comment