Laman

Thursday, June 20, 2013

Replika Dinosaurus Hadir di Indonesia

Berita dan Informasi Teknologi Terbaru berbagi informasi tentang "Replika Dinosaurus Hadir di Indonesia". Informasi tersebut dikumpulkan dari sumber yang disebutkan di bawah artikel. Info tentang "Replika Dinosaurus Hadir di Indonesia" layak Anda baca baik sebagai infomasi maupun penambah pengetahuan Anda.

Replika Dinosaurus Hadir di Indonesia

VIVAnews - Pengetahuan dinosaurus selama ini banyak diperoleh kalangan penikmat sains dari buku saja. Jika bosan, sempatkan kunjungan bersama putra-putri Anda ke wahana dinosaurus di Pusat Peragaan Iptek Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.

Pada wahana yang telah diresmikan Menristek, Gusti Muhammad Hatta, hari ini, 20 Juni 2013, dinosaurus "hidup" dipajang dan bisa dilihat dari jarak dekat.

Jenis Tyranosaurus, atau dikenal dengan panggilan T-Rex, mempunyai tinggi 3,5 meter dan panjang tujuh meter salah satunya.

Replika dinosaururs ini dapat bergerak ke kanan dan kiri, kepala dapat menengok, mulut terbuka dan tertutup, bersuara, mata berkedip layaknya hewan yang masih hidup.

"Dengan alat pegara yang 'hidup' ini, pengunjung akan lebih mudah mempelajarinya. Kalau hanya membaca, pengetahuan tentang dinosaurus bisa cepat lupa," ujar Gusti, saat ditemui usai peresmian wahana.

Dinosaurus itu berbasis mekatronik (mekanik-elektronik). Perpaduan sistem itu dapat bekerja secara otomatis, sehingga dapat berinteraksi dengan pengunjung melalui sensor suara dan sensor keberadaan pengunjung. Alat peraga itu juga dilengkapi dengan sistem audio.

"Alat peraga ini buatan mahasiswa kita, cuma memang bahan materialnya diimpor dari luar negeri," jelas Gusti.

Selain Tyranosurus, wahana ini juga dilengkapi Taman Jurassic yang merupakan fasilitas pendukung alat peraga. Dalam taman itu, terdapat tanaman prasejarah antara lain pohon besar Bjuvia simplex, Temskya sp; jenis pohon kecil Asteroxylon mackei.

Direktur Pusat Peragaan Iptek Kemenristek, Ari Hendrarto Saleh mengatakan akan segera menambah enam ikon peraga baru pada wahana ini, di antaranya Triceratops (dinosaurus bertanduk tiga) dan Megalana (nenek moyang komodo), kadal raksasa pemakan daging.

"Sebagai pendukung, kami juga akan menambahkan alat peraga pada wahana perubahan iklim, pandemi influensa, energi terbarukan, roket, dan pesawat mata-mata," kata Ari.

Secara total, dalam Pusat Peragaan Iptek terdapat 370 alat peraga yang tersebar di 18 wahana. Pihak Microsoft dikabarkan juga siap berkontribusi memberikan fasilitas audio visual seputar perkembangan ilmu pengetahuan.

Semoga informasi tentang "Replika Dinosaurus Hadir di Indonesia" di atas bermanfaat bagi Anda.

No comments:

Post a Comment