Laman

Monday, June 17, 2013

SMS Sosialisasi BBM Naik Didukung 10 Operator Telekomunikasi

Berita dan Informasi Teknologi Terbaru berbagi informasi tentang "SMS Sosialisasi BBM Naik Didukung 10 Operator Telekomunikasi". Informasi tersebut dikumpulkan dari sumber yang disebutkan di bawah artikel. Info tentang "SMS Sosialisasi BBM Naik Didukung 10 Operator Telekomunikasi" layak Anda baca baik sebagai infomasi maupun penambah pengetahuan Anda.

SMS Sosialisasi BBM Naik Didukung 10 Operator Telekomunikasi

VIVAnews - Short Message Service (SMS) menjadi andalan pemerintah Indonesia untuk mensosialisasikan kebijakan maupun informasi baru kepada warga. Kali ini pemerintah kembali melakukan broadcast SMS ke 240 juta masyarakat Indonesia terkait sosialisasi penyesuaian subsidi BBM.

Sebelumnya pada tahun 2009, pemerintah Indonesia juga pernah melakukan broadcast SMS dalam rangka memberikan informasi mengenai pemilihan Presiden.

Menurut Fredi Kartono, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informasi, pengiriman SMS adalah salah satu metode yang digunakan untuk mensosialisasikan kebijakan pemerintah terkait kenaikan harga BBM.

"Para penyelanggara telekomunikasi di Indonesia turut berpartisipasi dalam pelaksanaan sosialisasi ini, karena menggunakan jaringan telekomunikasi mereka," kata Fredi, di acara Pengiriman Perdana SMS Broadcast Dalam Rangka Sosialisasi Penyesuaian Subsidi BBM, di Kementerian ESDM, Jakarta, 17 Juni 2013.

Berdasarkan Instruksi Presiden No 5 Tahun 2013 tentang sosialisasi subsidi BBM, perlu dilakukan penyampaian informasi mengenai subsidi kepada 240 juta pemilik nomor telpon seluler di Indonesia.

"Saat ini SMS telah menjadi salah satu kebutuhan primer masyarakat. Sosialisasi ini akan berbentuk SMS dalam 160 karakter terkait penyesuaian subsidi BBM dan mekanisme pelaporan mayarakat terhadap adanya pelanggaran dalam kenaikan harga BBM," ujar Fredi.

Di acara yang sama, Kepala Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat, Kementerian Komunikasi dan Informasi, Gatot S Dewabroto, mengatakan ada 10 operator telekomunikasi yang berkerjasama dengan pemerintah dalam sosialisasi penyesuaian subsidi BBM.

"Di antaranya adalah Telkom, Telkomsel, Indosat, Axis, XL, Tri, Smartfren, Smarttelekom, STI, dan Esia," kata Gatot.

Gatot menambahkan, pemerintah gratis melakukan pengiriman SMS, karena ini merupakan bagian dari Coorpotare Social Responsibility (CSR) dari para operator telekomunikasi.

"Tanggung jawab terhadap isi dari SMS adalah pihak pemerintah, bukan operator telekomunikasi. Mereka (operator telekomunikasi) hanya mengirimkan saja," ujar Gatot.

Masyarakat juga diharapkan melakukan pengasawan menjelang kenaikan harga BBM. Di akhir SMS dituliskan pengaduan masyarakat bisa dilakukan dengan mengirimkan SMS ke 1708.

"Pengaduan masyarakat akan dikenakan tarif seperti SMS biasa. Laporan dari masyarakat terkait pelanggaran menjelang kenaikan harga BBM, seperti penimbunan BBM, kompensasi bantuan, dan lainnya," kata Gatot.


Semoga informasi tentang "SMS Sosialisasi BBM Naik Didukung 10 Operator Telekomunikasi" di atas bermanfaat bagi Anda.

No comments:

Post a Comment