Laman

Thursday, June 13, 2013

Trojan Perbankan Citadel Berhasil Dilumpuhkan

Berita dan Informasi Teknologi Terbaru berbagi informasi tentang "Trojan Perbankan Citadel Berhasil Dilumpuhkan". Informasi tersebut dikumpulkan dari sumber yang disebutkan di bawah artikel. Info tentang "Trojan Perbankan Citadel Berhasil Dilumpuhkan" layak Anda baca baik sebagai infomasi maupun penambah pengetahuan Anda.

Trojan Perbankan Citadel Berhasil Dilumpuhkan

http://us.images.detik.com/content/2013/06/13/323/citadel.png
Citadel trojan interface (symantec)

Jakarta - Citadel, trojan perbankan yang telah ada sejak tahun 2011, baru-baru ini dilumpuhkan oleh Microsoft dan anggota industri pelayanan keuangan serta FBI. Operasi pemutusan tersebut mengakibatkan lebih dari 1.000 botnet Citadel dimatikan.

Symantec Security Response menjelaskan, seperti kebanyakan Trojan perbankan, Citadel merupakan crimeware kit yang lengkap. Trojan ini melengkapi penyerang dengan pembangun payload, infrastruktur perintah dan kontrol (C&C) server, dan skrip konfigurasi untuk menargetkan berbagai bank.

Citadel merupakan keturunan dari Trojan keuangan yang sangat besar di dunia, Trojan.Zbot (Zeus). Trojan ini muncul setelah kode sumber Zeus bocor pada tahun 2011, dimana sekelompok penjahat mengambil kode tersebut dan menyebarkannya.

"Citadel lebih ditujukan ke pasar penyerang eksklusif dibandingkan pendahulunya yang lebih terkenal, Zeus. Citadel kit dijual di forum bawah tanah di Rusia dan biayanya sekitar USD 3.000, dibandingkan dengan USD 100 untuk SpyEye dan Zeus kit yang bocor," lanjut Symantec.

Pengguna Citadel juga harus membayar biaya tambahan sekitar USD 30 - USD 100 untuk membeli kode inject web untuk bank yang menjadi target mereka. Selain itu, meskipun si penyerang memiliki uang, terdapat proses pemilihan dengan kriteria yang ketat yang dibutuhkan bagi pembeli-pembeli baru.

"Infeksi Citadel telah menyebar ke seluruh dunia oleh karena itu Symantec menerima dengan baik berita tentang pelumpuhan botnet Citadel tersebut," lanjutnya.

Meskipun pelumpuhan ini mungkin tidak menghilangkan ancaman Citadel sepenuhnya, namun di sisi lain, aksi ini dapat mengingatkan para penjahat cyber bahwa tindakan mereka telah dipantau.


(ash/fyk)

Semoga informasi tentang "Trojan Perbankan Citadel Berhasil Dilumpuhkan" di atas bermanfaat bagi Anda.

No comments:

Post a Comment