Laman

Thursday, July 4, 2013

Bug Berbahaya Ini Ada di 99% Perangkat Android

Berita dan Informasi Teknologi Terbaru berbagi informasi tentang "Bug Berbahaya Ini Ada di 99% Perangkat Android". Informasi tersebut dikumpulkan dari sumber yang disebutkan di bawah artikel. Info tentang "Bug Berbahaya Ini Ada di 99% Perangkat Android" layak Anda baca baik sebagai infomasi maupun penambah pengetahuan Anda.

Bug Berbahaya Ini Ada di 99% Perangkat Android

Headline
theverge.com
Oleh: Wahyu Perdana Putera

INILAH.COM, Jakarta -Peneliti keamanan mengklaim menemukan bug berumur empat tahun yang dipastikan ada di 99% perangkat Android sejak kemunculan versi lawas Android 1.6 Donut.

Bug ini memungkinkan trojan berbahaya untuk menyamar sebagai aplikasi resmi terverifikasi. Bug ini diklaim dapat menyembunyikan malware di dalam program yang sudah ada yang tidak akan disadari pengguna.

Tim keamanan di Bluebox Labs menyatakan bug ini telah ada sejak versi Android 1.6 Donut dan mempengaruhi 99% perangkat Android.

Tim itu mengklaim menemukan cara untuk memodifikasi dan membuat file APK yang berpotensi memungkinkan kode berbahaya yang dapat diinstal, jika seseorang dapat menemukan cara mengirim software yang telah dimodifikasi kepada pengguna.

Bagaimana cara distribusinya belum diketahui secara pasti. Mengeksploitasi melalui Google Play Store disebut tidak mungkin, karena Google memperbarui platform-nya, demikian diwartakan The Verge.

Pengguna bisa tertipu dengan menginstal pembaharuan aplikasi melalui toko aplikasi pihak ketiga yang saat ini banyak beredar di luar Play Store, atau via e-mail dan situs berbahaya.

Namun belum diketahui apakah penyebaran bug ini juga terkait pengaturan 'instal dari sumber tak dikenal' yang ada di tiap versi Android.

Bug yang menyamar ini juga disebut dapat memberikan akses penuh untuk pencurian data dan lainnya. Bug ini sangat mempengaruhi perangkat Android yang pembaharuan sistem operasinya telah dihentikan oleh produsen.

Tim Bluebox Labs mengatakan mereka menjelaskan hal ini ke Google pada Februari 2013. Sejauh ini diketahui baru Samsung Galaxy S4 yang telah memperbaiki bug ini, yang disusul pada sejumlah Galaxy Nexus. [ikh]

Semoga informasi tentang "Bug Berbahaya Ini Ada di 99% Perangkat Android" di atas bermanfaat bagi Anda.

No comments:

Post a Comment