Laman

Friday, July 12, 2013

Cara Baru Mengukur Waktu Lebih Akurat

Berita dan Informasi Teknologi Terbaru berbagi informasi tentang "Cara Baru Mengukur Waktu Lebih Akurat". Informasi tersebut dikumpulkan dari sumber yang disebutkan di bawah artikel. Info tentang "Cara Baru Mengukur Waktu Lebih Akurat" layak Anda baca baik sebagai infomasi maupun penambah pengetahuan Anda.

Cara Baru Mengukur Waktu Lebih Akurat

Headline
(BBC)
Oleh: ikhsan nathabradja

INILAH.COM, London - Para ilmuwan mengklaim bahwa mereka kini menemukan cara lebih akurat untuk mengukur waktu.

Saat ini pencatatan waktu digunakan dengan jam atomik untuk menghitung detik. Namun uji coba menunjukkan alat alternatif menghasilkan penghitungan yang lebih tepat.

Dilansir BBC, para ilmuwan Prancis mengatakan alat pengukur baru yang disebut jam optikal ini diklaim memiliki kemampuan hanya kehilangan satu detik setiap 300 juta tahun.

Para ilmuwan itu menyebutkan bahwa alat ini merupakan sistem lebih tepat untuk mencatat detik. Jam optikal ini mengarahkan sinar laser ke arah atom untuk mengukur waktu, demikian tulis para ilmuwan tersebut di jurnal Nature Communications edisi Juli 2013.

Penghitungan waktu pernah digunakan dengan menghitung rotasi Bumi, dengan satu kali putaran sama dihitung satu hari. Namun karena Bumi juga berguncang saat berotasi, sebagian hari bisa lebih pendek atau lebih panjang. [mor]

Semoga informasi tentang "Cara Baru Mengukur Waktu Lebih Akurat" di atas bermanfaat bagi Anda.

No comments:

Post a Comment