Laman

Saturday, July 6, 2013

Di Balik Layar Desain Kamera Nikon

Berita dan Informasi Teknologi Terbaru berbagi informasi tentang "Di Balik Layar Desain Kamera Nikon". Informasi tersebut dikumpulkan dari sumber yang disebutkan di bawah artikel. Info tentang "Di Balik Layar Desain Kamera Nikon" layak Anda baca baik sebagai infomasi maupun penambah pengetahuan Anda.

Di Balik Layar Desain Kamera Nikon

http://us.images.detik.com/content/2013/07/05/1277/nikondalemsha.jpg
Salah satu kamera keluaran Nikon (sha/detikINET)

Jakarta - Berbagai tahapan mesti dilakukan tim desain Nikon untuk bisa menghasilkan bodi kamera mereka yang selama ini kita jumpai. Dalam sebuah video berdurasi 6 menit yang baru-baru ini dirilis, salah satu pemain kamera raksasa tersebut mengajak kita untuk menyaksikan tahap demi tahap yang dilakukan timnya.

Nikon sendiri memiliki dua tim di bawah departemen desain. Pertama adalah tim Product Design yang bertanggung jawab terhadap desain bodi dan yanhg kedua adalah tim Graphic Design yang menangani user interface grafisnya. Tim ini pula yang berada di balik pembuatan logo produk Nikon, termasuk kemasannya.

Tahap awal yang mereka lakukan adalah merealiasikan konsep. Manager Product Design Industrial Design Department Nobuo Hashimoto mengatakan bahwa mereka awalnya mereka melakukan draft konsep desain, kemudian disusul dengan roadmad produk yang telah direncanakan oleh tim marketing sebelumnya.

Setelah tahapan awal di atas, masuklah mereka ke tahap pembuatan sketsa yang nantinya akan diteruskan ke tim proyek. Nantinya, sketsa ini menjadi bahan pembuatan simulasi 3D dengan bantuan printer 3D.

Dalam video yang dimaksud, kita bisa melihat bagaimana mereka melakukan brainstorming, melakukan goresan-goresan di kertas hingga berkutat dengan komputer.

Meskipun ini hanya berbentuk simulasi dan tidak bisa menjalankan fungsi layaknya kamera betulan, namun tim desain berupaya membuatnya seperti yang ada di sketsa.

"Di simulasi 3D kami berfokus untuk membuatnya semirip mungkin dengan ide asli," ujar Yutaka, Nikaido, Product Design Industrial Design Department.

Berbicara mengenai desain, mereka memperhitungkan berbagai faktor agar membuat pengguna nyaman dalam memakai kamera Nikon. Selain warna dan tekstur, sisi ergonomis juga diperhitungkan dengan baik.

"Entah itu compact atau SLR, kami memastikan pengguna memakai dan mengoperasikan kamera dengan nyaman," tambah Nobuo.



Memasuki tahapan selanjutnya adalah mendesain user interface. Tim ini juga terdiri dari 2 tim, yakni interface design untuk menangani tampilan tatap muka monitor, dan lainnya adalah graphic design untuk tampilan kemasan/box.

Nobuya Kawahata, Manager Graphic Design Industrial Design Department menerangkan fungsi sebuah interface pada kamera.

"Fungsi interface ini adalah sebagai jembatan antara pengguna dan piranti, dan kami memiliki tujuan untuk mewujudkan operasional yang intuitif," ujar Nobuya.

Setelah tahapan-tahapan di atas dilalui, masuklah mereka ke proses terakhir yakni menyuntikkan inspirasi ke dalam bentuk logo dan kemasan. Nikon berusaha agar logo yang mereka rancang bisa menggugah konsumen.

"Desain adalah hal pertama tentang brand kami yang dikenal baik oleh pengguna. Kami berkomitmen untuk mewujudkan impian kami ke dalam produk dan mengkomunikasikannya melalui desain," tutup Hiroshi Kobayashi, General Manager Industrial Design Department.


Adapun video bertajuk Design of Nikon tersebut bisa ditilik di tautan ini.

(sha/fyk)

Semoga informasi tentang "Di Balik Layar Desain Kamera Nikon" di atas bermanfaat bagi Anda.

No comments:

Post a Comment