Laman

Monday, July 1, 2013

Kabel Optik Sering Dicuri, Ini Pesan Kominfo ke Operator

Berita dan Informasi Teknologi Terbaru berbagi informasi tentang "Kabel Optik Sering Dicuri, Ini Pesan Kominfo ke Operator". Informasi tersebut dikumpulkan dari sumber yang disebutkan di bawah artikel. Info tentang "Kabel Optik Sering Dicuri, Ini Pesan Kominfo ke Operator" layak Anda baca baik sebagai infomasi maupun penambah pengetahuan Anda.

Kabel Optik Sering Dicuri, Ini Pesan Kominfo ke Operator

VIVAnews - Menyusul pencurian kabel optik bawah laut yang kerap terjadi di wilayah perairan Bangka Belitung, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan memanggil sejumlah instansi untuk duduk bersama besok, Selasa 2 Juli 2013.

Pada pertemuan itu, perwakilan dari Kemenkominfo akan berdiskusi dengan pihak aparat setempat, unsur dinas terkait, termasuk TNI Angkatan Laut.

Kepala Humas dan Pusat Informasi Kominfo, Gatot Dewa S Broto mengatakan, pertemuan itu adalah untuk meminta perhatian aparat mengingat akses optik di Bangka Belitung (Babel) merupakan infrastruktur akses penting.

"Karena, di sana (kabel laut Babel) adalah backbone yang membuka akses data ke Asia. Kami asumsikan, kalau terjadi sesuatu atau rusak parah, maka yang akan terganggu adalah masyarakat Indonesia. Dan, jangan dianggap ini sebagai domain Kominfo saja," ujar Gatot pada wartawan di kantornya, Jakarta Pusat.

"Ini berdasarkan laporan. Operator mengeluhkan Bangka Belitung sebagai wilayah dengan pencurian kabel optik tertinggi," jelasnya.

Menurut catatan, pencurian kabel optik di wilayah itu memang terbilang tinggi. Pada 2012 saja, tercatat enam kali pencurian kabel dalam skala besar. Belum lagi kerusakan atau pencurian skala kecil, sangat banyak.

"Per bulan Juni ini, sudah ada lima kasus. Dan lokasinya juga nggak jauh dari situ (lokasi-lokasi sebelumnya)," papar Gatot.

Dia juga meminta pada operator agar rajin memantau kabel optik dengan mengotimalkan pengawasan sistem digital.

"Mereka (para operator) harus siskamling atau monitoring. Kan ada kabel yang pakai sistem pakai barcode, kalau terputus langsung ketahuan. Mereka punya teknologinya," imbau Gatot. (sj)

Semoga informasi tentang "Kabel Optik Sering Dicuri, Ini Pesan Kominfo ke Operator" di atas bermanfaat bagi Anda.

No comments:

Post a Comment