Laman

Monday, July 15, 2013

Kalender Lunar Tertua di Dunia Ditemukan

Berita dan Informasi Teknologi Terbaru berbagi informasi tentang "Kalender Lunar Tertua di Dunia Ditemukan". Informasi tersebut dikumpulkan dari sumber yang disebutkan di bawah artikel. Info tentang "Kalender Lunar Tertua di Dunia Ditemukan" layak Anda baca baik sebagai infomasi maupun penambah pengetahuan Anda.

Kalender Lunar Tertua di Dunia Ditemukan

Headline
(BBC)
Oleh: ikhsan nathabradja

INILAH.COM, Aberdeenshire - Sekelompok Arkeolog Inggris mengklaim telah berhasil menemukan kalender lunar tertua di dunia di wilayah Aberdeenshire, Skotlandia.

Para arkeolog itu sebelumnya telah melakukan penggalian di lapangan Crathes Castle, Aberdeenshire, dan menemukan rangkaian 12 lubang yang sepertinya sengaja dibikin untuk meniru fase bulan.

Dilansir BBC, tim arkeolog menunjukkan monumen kuno itu diciptakan oleh manusia sekitar 10 ribu tahun yang lalu. Mereka yang melakukan analisa mengatakan bahwa lubang tersebut kemungkinan tadinya berisi tiang kayu.

Metode ini mirip seperti yang diterapkan oleh kalender Mesolitikum yang berusia ribuan tahun lebih tua dari monumen pengukur waktu yang dibuat peradaban Mesopotamia.

Penyelarasan lubang juga sejalan dengan matahari terbit sehingga manusia dapat mengetahui 'koreksi astronomi' untuk mengikuti perjalanan waktu dan perubahan musim.

"Bukti menunjukkan bahwa masyarakat pemburu-pengumpul di Skotlandia memiliki kebutuhan untuk melacak pergerakan waktu, untuk mengoreksi penyimpangan musim di tahun lunar, dan ini terjadi hampir 5.000 tahun sebelum kalender formal pertama yang dikenal," ujar Profesor Vince Gaffney, kepala tim arkeolog dari Universitas Birmingham, Inggris.

Menurutnya, penemuan ini menggambarkan langkah penting menuju konsep perkembangan waktu secara formal.

Sementara itu, Richard Bates dari Universitas St Andrews, yang ikut dalam penelitian, mengatakan penemuan ini juga menunjukan bukti kuat bahwa ada kehidupan manusia di zaman Mesolitikum di daerah Skotlandia.

Semoga informasi tentang "Kalender Lunar Tertua di Dunia Ditemukan" di atas bermanfaat bagi Anda.

No comments:

Post a Comment