Laman

Monday, July 15, 2013

Menkominfo: Ponsel Indonesia Diproduksi Tahun Depan

Berita dan Informasi Teknologi Terbaru berbagi informasi tentang "Menkominfo: Ponsel Indonesia Diproduksi Tahun Depan". Informasi tersebut dikumpulkan dari sumber yang disebutkan di bawah artikel. Info tentang "Menkominfo: Ponsel Indonesia Diproduksi Tahun Depan" layak Anda baca baik sebagai infomasi maupun penambah pengetahuan Anda.

Menkominfo: Ponsel Indonesia Diproduksi Tahun Depan

http://us.images.detik.com/content/2013/07/16/328/mito.jpg

Jakarta - Menkominfo Tifatul Sembiring berharap, Indonesia tahun depan sudah bisa memulai produksi ponsel buatannya sendiri. Demikian dikatakan menteri usai buka puasa bersama di kediamannya, Jakarta.

Dalam kesempatan itu, Tifatul ditanya sejumlah media mengenai rencana pembuatan ponsel lokal yang juga didorong oleh Kementerian Perindustrian. "Ponsel made in Indonesia? Lokal dengan Kadin masih jalan. Mudah-mudahan tahun depan sudah jalan," kata Menkominfo.

Proyeksi Menkominfo jauh lebih cepat dibandingkan Kementerian Perdagangan yang memperkirakan pembangunan pabrik ponsel asli buatan Indonesia paling cepat pada akhir 2016 nanti.

Seperti diberitakan sebelumnya, beberapa ponsel dengan merek lokal seperti Polytron, Axioo, Mito, dan Cross akan bertuliskan 'made in Indonesia' dalam waktu dekat.

Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kementerian Perindustrian, C Triharso, mengungkapkan bahwa beberapa produsen lokal tersebut telah berkomitmen untuk menanamkan investasinya di Indonesia. Saat ini, para pemegang merek tersebut masih harus mengimpor dari China.

"Merek lokal yang sekarang beredar kita dorong untuk membuat pabrik di sini. Sementara ini mereka masih impor dari China, sekarang kita dorong. Sehingga mereka diharapkan 2-3 tahun lagi, sudah mulai berproduksi," kata Triharso kepada detikFinance.

Para produsen tersebut belum membeberkan informasi berapa besaran investasi yang kira-kira harus dirogoh untuk membuat pabrik di Indonesia. Tapi perihal lokasi pabrik, Triharso mengungkapkan, mereka telah mendapat gambaran. "Ya kalau lokasi di sekitar Jakarta ada, Jawa Tengah ada juga," katanya.

Triharso mengatakan, ini adalah untuk menekan angka impor telepon seluler yang terus melonjak yang pada tahun 2012 lalu mencapai 50 juta unit. Terlebih, merek-merek lokal seperti Cross, Axioo tersebut menempati pangsa pasar kedua terbesar di Indonesia.

"Populasinya kedua setelah Samsung, pasarnya besar. Cuma pencitraannya saja kalah, promosinya kan lokal-lokal saja," kata Triharso.


(rou/ash)

Semoga informasi tentang "Menkominfo: Ponsel Indonesia Diproduksi Tahun Depan" di atas bermanfaat bagi Anda.

No comments:

Post a Comment