Laman

Friday, July 12, 2013

Serangan Phising ke Perangkat Apple Meningkat

Berita dan Informasi Teknologi Terbaru berbagi informasi tentang "Serangan Phising ke Perangkat Apple Meningkat". Informasi tersebut dikumpulkan dari sumber yang disebutkan di bawah artikel. Info tentang "Serangan Phising ke Perangkat Apple Meningkat" layak Anda baca baik sebagai infomasi maupun penambah pengetahuan Anda.

Serangan Phising ke Perangkat Apple Meningkat

Headline
(istimewa)
Oleh: ahmad taufiqqurakhman

INILAH.COM, Jakarta - Kaspersky Lab menyatakan bahwa serangan phising ke berbagai perangkat Apple kini terus meningkat.

Kaspersky Lab menganalisis adanya peningkatan tajam kegiatan penjahat cyber yang didesain untuk mencuri ID Apple dan informasi akun pengguna.

Dari Januari 2012 ke Mei 2013, Kaspersky Security Network (KSN) secara rata-rata mendeteksi 200 ribu percobaan untuk mengakses situs phishing setiap harinya.

Ini jauh lebih tinggi dibanding pendeteksian pada 2011, yang rata-rata pendeteksian hanya mencapai 1.000 pendeteksian per hari.

Berdasarkan keterangan resmi pihak Kaspersky, para pakar Kaspersky Lab menemukan bahwa fluktuasi dan peningkatan percobaan phishing seringkali bertepatan dengan kegiatan besar yang digelar oleh Apple.

Sebagai contoh, pada 6 Desember 2012, tak lama setelah pembukaan toko-toko iTunes di India, Turki, Rusia, Afrika Selatan dan 52 negara lain, Kaspersky Lab mendeteksi rekor tertinggi sepanjang sejarah dimana tercatat 900 ribu percobaan phishing yang diarahkan ke situs palsu Apple hanya dalam satu hari.

Metode dari distribusi utama yang digunakan oleh para penjahat cyber untuk mengarahkan pengguna ke situs palsu Apple umumnya menggunakan email phishing yang seakan-akan berasal dari layanan dukungan Apple atau Apple Support dengan nama alias palsu di kolom "Sender", misalnya services@apple.com.

Email yang diterima biasanya meminta pengguna untuk melakukan verifikasi akun mereka dengan cara mengklik tautan dan memasukkan informasi Apple ID mereka.

Email penipuan ini sangat mirip dan didesain secara profesional sehingga terlihat seperti benar-benar berasal dari Apple, termasuk penggunaan logo Apple dan penggunaan format, warna dan gaya bahasa sama dengan yang digunakan oleh Apple. [ikh]

Semoga informasi tentang "Serangan Phising ke Perangkat Apple Meningkat" di atas bermanfaat bagi Anda.

No comments:

Post a Comment