Laman

Monday, July 15, 2013

Tifatul: Internet Indonesia Belum Kiamat!

Berita dan Informasi Teknologi Terbaru berbagi informasi tentang "Tifatul: Internet Indonesia Belum Kiamat!". Informasi tersebut dikumpulkan dari sumber yang disebutkan di bawah artikel. Info tentang "Tifatul: Internet Indonesia Belum Kiamat!" layak Anda baca baik sebagai infomasi maupun penambah pengetahuan Anda.

Tifatul: Internet Indonesia Belum Kiamat!

http://us.images.detik.com/content/2013/07/16/328/tifatuldokdetikfoto460.jpg
Menkominfo Tifatul Sembiring (detikfoto)

Jakarta - Menkominfo Tifatul Sembiring menilai dampak dari vonis pengadilan Tipikor dalam kasus penyalahgunaan frekuensi 3G oleh Indosat Mega Media (IM2) tidak serta-merta membuat industri internet di Indonesia langsung kiamat.

"Tidak, tidak. Internet kita belum kiamat. Tak mungkin juga kita stop semua internet," tegasnya semalam saat ditemui usai berbuka puasa bersama di rumah dinasnya, Jakarta, Senin (15/7/2013). "Proses perizinan juga akan jalan terus. Kalau ada izin baru kita proses sesuai hukum," lanjutnya.

Pernyataan menteri menanggapi kekhawatiran tentang dampak dari kasus IM2. Seperti diketahui, vonis denda Rp 1,3 triliun dan penjara empat tahun bagi mantan dirutnya, Indar Atmanto, bikin para penyedia jasa internet (ISP) ketar-ketir.

Kasus ini juga dikhawatirkan menimbulkan efek domino luar biasa terhadap layanan internet. Ujung-ujungnya, pola kerja sama ISP dan penyedia jaringan bisa dianggap ilegal, dan internet Indonesia jadi kacau balau.

Tifatul mengaku memahami keresahan di kalangan industri ISP. Namun demikian, ia menegaskan tetap akan menghormati putusan pengadilan. "Kita prihatin, tapi kami menghormati putusan majelis hakim di Tipikor," katanya.

Ia juga menegaskan bahwa para pengusaha ISP tidak perlu terlalu khawatir kasus ini akan berimbas pada penangkapan mereka. "Semua kan ada aturannya, lagian keputusan mengenai Indosat dan IM2 ini belum inchraht, belum final. Masih ada banding ke pengadilan tinggi," ujarnya.

Sementara Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Sammy Pangerapan mengatakan ada 16 ISP dan lima operator yang memiliki kerja sama identik seperti Indosat dan IM2.

"Harusnya kalau kasus ini dianggap kejahatan korporasi, semua yang mengetahui dari atas sampai bawah kena semua dong. Komisaris juga kena, karena dia mengetahui," sesalnya.


(rou/rou)

Semoga informasi tentang "Tifatul: Internet Indonesia Belum Kiamat!" di atas bermanfaat bagi Anda.

No comments:

Post a Comment