Laman

Wednesday, May 29, 2013

LookTel, Asisten Pribadi Digital bagi Tunanetra

Berita dan Informasi Teknologi Terbaru berbagi informasi tentang "LookTel, Asisten Pribadi Digital bagi Tunanetra". Informasi tersebut dikumpulkan dari sumber yang disebutkan di bawah artikel. Info tentang "LookTel, Asisten Pribadi Digital bagi Tunanetra" layak Anda baca baik sebagai infomasi maupun penambah pengetahuan Anda.

LookTel, Asisten Pribadi Digital bagi Tunanetra

http://us.images.detik.com/content/2013/05/29/398/looktel460.jpg
Ilustrasi (looktel)

Jakarta - Gadget besutan Apple telah lama digunakan oleh tunanetra. Hal itu karena di dalamnya telah dibenamkan Voice Over, pembaca layar yang dapat mengubah teks menjadi suara.

Nah, sebuah pengembang perangkat lunak berinisiatif menyediakan aplikasi penunjang aktivitas tunanetra sehari-hari dengan memanfaatkan keberadaan Voice Over.

Saat ini, berbagai aplikasi bantu untuk tunanetra telah banyak dikembangkan untuk platform iOS. LookTel, adalah salah satunya. Pengembang ini memang mengkhususkan diri untuk menyediakan aplikasi untuk penunjang aktivitas tunanetra.

Aplikasi buatan LookTel dapat dijalankan menggunakan gadget Apple yang di dalamnya sudah terpasang Voice Over. Baik iPhone, iPod, atau iPad generasi terkini sudah dipastikan mampu menjalankannya.

Tapi bagi yang masih bertahan dengan gadget lama, minimal spesifikasi yang dibutuhkan adalah iPhone 3GS, karena di bawah itu, Voice Over tidak tersedia.

Sebelum memasang aplikasi dari LookTel, aktifkan terlebih dahulu Voice Over. Caranya, buka Settings > General > Accessibility, dan nyalakan Voice Over.

1. LookTel Voice Over Tutorial

Menggunakan gadget dengan antarmuka layar sentuh bukanlah hal yang mudah bagi tunanetra. LookTel Voice Over Tutorial akan membantu tunanetra dalam mempelajari gerakan-gerakan yang dapat digunakan untuk mengoperasikan gadget Apple.

Uniknya, tutorial disuguhkan dalam bentuk permainan yang menarik. Misalnya, dalam permainan basket, tunanetra diminta menggerakkan jari dari atas ke bawah, lalu ke atas lagi, seperti mendribble bola. Ini untuk melatih tunanetra dalam menggunakan swipe yang biasanya digunakan untuk bernavigasi.

Bagi tunanetra yang sudah mahir menggunakan Voice Over, tutorial ini tetap menyenangkan karena berfungsi juga sebagai game. Tapi yang paling mengasyikkan adalah bayaran untuk menebus aplikasi ini yang cuma-cuma alias gratis!

2. LookTel Money Reader

Sesuai namanya, aplikasi ini berfungsi mengidentifikasi dan memberitahu nominal uang. Caranya adalah dengan mengaktifkan aplikasi ini lalu mengarahkan kamera gadget pada uang yang dimaksud.

LookTel Money Reader akan secara real-time melakukan scan dan menginformasikan pada tunanetra hasil dari scan tersebut.

Selain untuk perangkat genggam, LookTel Money Reader juga tersedia untuk Mac OSX. Hingga saat ini, LookTel Money Reader sudah mendukung 21 jenis mata uang. Sayangnya, rupiah belum termasuk di antaranya.

3. LookTel Recognizer

Salah satu masalah utama tunanetra adalah kehilangan barang karena lupa menaruhnya atau orang lain memindahkannya. Nah, dengan LookTel Recognizer ini, tunanetra dapat melakukan identifikasi terhadap barang-barang pribadinya hanya dengan mengarahkan kamera ke barang yang dituju.

Pertama-tama, pengguna harus membuat database dari barang yang ingin diidentifikasi, misalnya buku, CD, dan lain-lain. Mintalah orang berpenglihatan untuk mengarahkan kamera gadget ke barang yang dimaksud, dan setelah itu LookTel Recognizer akan meminta pengguna untuk merekam nama barang yang barusan dideteksi.

LookTel Recognizer juga dapat mengenali barcode, sehingga tunanetra dapat menyortir barang-barang seperti paket kiriman atau produk yang di atasnya tertempel barcode.

Database yang telah dibuat juga dapat dikirimkan ke email, sehingga bila perangkat rusak atau terjadi hal yang tak diinginkan, pengguna dapat merestore kembali database ke dalam gadget lain.

Tertarik menggunakan salah satu dari aplikasi di atas? Silakan langsung mencarinya via App Store atau kunjungi www.LookTel.com.

Ramaditya Tentang Penulis: Eko Ramaditya Adikara adalah blogger tunanetra yang menggemari dunia digital dan teknologi informasi. Blognya bisa dibaca di http://ramaditya.com/.

(ash/ash)

Semoga informasi tentang "LookTel, Asisten Pribadi Digital bagi Tunanetra" di atas bermanfaat bagi Anda.

No comments:

Post a Comment