Laman

Thursday, July 11, 2013

Deteksi Kanker Melalui Aroma Air Seni

Berita dan Informasi Teknologi Terbaru berbagi informasi tentang "Deteksi Kanker Melalui Aroma Air Seni". Informasi tersebut dikumpulkan dari sumber yang disebutkan di bawah artikel. Info tentang "Deteksi Kanker Melalui Aroma Air Seni" layak Anda baca baik sebagai infomasi maupun penambah pengetahuan Anda.

Deteksi Kanker Melalui Aroma Air Seni

Headline
(istimewa)
Oleh: ikhsan nathabradja

INILAH.COM, London - Para ilmuwan Inggris menciptakan alat yang bisa mendeteksi adanya kanker kadung kemih melalui aroma dari sampel urine atau air seni. Alat itu dilengkapi sensor untuk mendeteksi cepat bila terdapat sel kanker.

Uji coba awal menunjukkan hasil cukup akurat dan hasilnya telah dipublikasikan ke jurnal PLoS One, demikian dikutip dari BBC.

Namun para ilmuwan mengatakan bahwa masih diperlukan lagi penelitian lebih lanjut untuk menyempurnakan uji coba sebelum alat ini dijual.

Profesor Chris Probert dari Universitas Liverpool dan Profesor Norman Ratcliffe dari Universitas West of England mengatakan, alat baru ini dapat melacak bau kanker.

"Alat ini bisa membaca gas dari urine bila sample dipanaskan," kata Profesor Ratcliffle.

Selanjutnya, para pakar menguji alat mereka dengan menggunakan 98 sample air seni, Sebanyak 24 sampel di antaranya dari pria yang terkena kanker kandung kemih dan 74 dari pria yang mengalami gangguan kandung kencing namun bukan kanker.

Profesor Probert mengatakan hasil itu sangat memberi harapan namun ia menambahkan, "Kami perlu meneliti sampel dari pasien lain untuk menguji alat ini lebih lanjut sebelum dapat digunakan di rumah sakit."

Setiap tahun dilaporkan sekitar 10 ribu orang di Inggris didiagnosa terkena kanker kandung kemih. Para dokter terus berupaya mencari cara mendeteksi kanker jenis ini sedini mungkin agar lebih memungkinkan untuk disembuhkan. [mor]

Semoga informasi tentang "Deteksi Kanker Melalui Aroma Air Seni" di atas bermanfaat bagi Anda.

No comments:

Post a Comment